AMANAT HARLAH PANCASILA 2023

Pancasila terdiri dari 2 kata, Panca (lima), dan Sila (asas).

Pancasila lahir 78 tahun lalu pada tanggal 1 Juni 1945. 2 Bulan sebelum kemerdekaan. Dikemukakan oleh Ir Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan).

Setiap Negara haruslah memiliki suatu pedoman. Jadilah Pancasila sebagai rumusan dan pedoman hidup berbangsa dan bernegara. Yang isinya seperti yang sudah kita tahu: rakyat Indonesia yang berke-Tuhan-an, berkemanusiaan yang adil/ beradab, bersatu, musyawarah/ , mufakat dan berkeadilan social

Bagaimana peringatan di tahun 2023?

Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 mengusung Tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”

Adapun dari logonya memiliki makna sebagai berikut:

Bagaimana pelaksanaan di satuan pendidikan?

Di satuan pendidikan pun sebenarnya sedang berjalan yakni melalui Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Anak-anak sudah tahu: P5 adalah pembelajaran lintas ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap masalah di sekitar dengan menggunakan pembelajaran berbasis projek. P5 punya dimensi sebagai berikut: Imtaq/ Sradha Bhakti, Mandiri, Gotong Royong (Kolaborasi), Kebhinekaan Global, Bernalar Kritis dan Kreatif.

Dalam memperingati Harlah Pancasila peserta didik bisa menerapkan dan mengembangkan P5 mulai dari dalam sekolah hingga luar sekolah, dari lingkungan anak-anak hingga ke ranah dunia secara berkelanjutan, “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”

berikut link terkait logo, pamflet, backdrop, powerpoint, dsb: https://drive.google.com/drive/folders/1_4olhxI-nX4rv6BahLJk_tvD3jTypmlB

Leave a comment

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑